Prosiding Sesiomadika
Vol 1 No 1a (2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) PADASISWA SMP KELAS VII

Chandra Zuliady (unsika)
Dadang Fakhruddin (Unknown)
Rika Mulyati Mustika Sari (unsika)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara CORE dengan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode penelitian kuasi ekperimen dan desain penelitian adalah The nonequivalent pretest-postest control group design pada pokok bahasan bilangan bulat yang telah dilakukan di kelas VII D dan VII E. pengumpulan data kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan instrument penelitian. Hasil penelitian peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE lebih tinggi dari pada peningkatan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari nilai uji perbedaan dua rata rata peningkatan kemampuan pemahaman kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu 0.00. kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas ekperimen lebih baik daripada peningkatan pemahaman konsep matematis kelas kontrol.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sesiomadika

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang (SESIOMADIKA) merupakan event rutin tahunan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Pada tahun 2020 ini merupakan periode ke-4 dalam penyelenggaraan event tersebut. ...