Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial dan menganalisis faktor-faktornya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Cikampek tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial: (a) subjek 1 mengalami kesulitan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian, (b) subjek 2 mengalami kesulitan merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian, (c) subjek 3 mengalami kesulitan pada merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian, (d) subjek 4 mengalami kesulitan pada merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian, (e) subjek 5 mengalami kesulitan pada memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian, (f) subjek 6 mengalami kesulitan pada memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian. Faktor lain yang turut mempengaruhi yaitu perhatian dan minat.
Copyrights © 2021