Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan bulat berdasarkan kriteria Watson. Hasil penlitian menunjukkan persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat dengan menggunakan kriteria Watson. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Karawang Barat kelas VIII-D. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa soal cerita. Soal cerita bilangan bulat yang digunakan terdiri dari dua buah soal. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan 13% siswa melakukan kesalahan data tidak tepat (id), 28% siswa melakukan kesalahan prosedur tidak tepat (ip), 6% siswa melakukan kesalahan data hilang (od), 10% siswa melakukan kesalahan kesimpulan hilang (oc), 7% siswa melakukan kesalahan konflik level respon (rlc), 5% siswa melakukan kesalahan manipulasi tidak langsung (um), 16% siswa melakukan kesalahan masalah hirarki keterampilan (shp), dan 16% siswa melakukan kesalahan above other (ao). Kata kunci: kesalahan, soal cerita, kriteria Watson
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020