Prosiding Sesiomadika
Vol 2 No 1a (2020)

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat

Khoirunnisa Cahani (pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang)
kiki nia sania effendi (pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2019

Abstract

Artikel ini merupakan studi pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi segiempat yaitu persegi panjang. Adapun indikator pemahaman konsep dalam penelitian ini adalah: a) mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu; b) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; c) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu; d) mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX pada salah satu SMPN di Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan sampel yang diambil berasal dari kelas IX D yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep yang berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukan nilai hasil tes pemahaman konsep siswa sebesar 20% pada kategori tinggi, 33,33% pada kategori sedang dan 46,67% pada kategori rendah. Kata kunci: Bangun Datar Segiempat, Kemampuan Pemahaman Konsep, Matematika

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sesiomadika

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang (SESIOMADIKA) merupakan event rutin tahunan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Pada tahun 2020 ini merupakan periode ke-4 dalam penyelenggaraan event tersebut. ...