Artikel ini merupakan studi awal untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi bangun ruang sisi datar khususnya kubus dan balok. Materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi pelajaran matematika SMP yang terdapat di kompetensi dasar kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di salah satu SMPN di Karawang Tahun ajaran 2019/2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purpossive Sampling dan diperoleh sebanyak 32 orang siswa dari kelas IX H. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terdapat 8 orang siswa dengan presentase 25% yang berkategori tinggi, 15 orang siswa dengan presentase 47% yang berkategori sedang, dan 9 orang siswa dengan presentase 28% yang berkategori rendah. Kata kunci:Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kubus dan Balok, Matematika
Copyrights © 2020