Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dan sebagai masukan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang belum mampu untuk berpikir kritis sehingga berpengaruh dalam menyelesaikan soal matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kajian pustaka, dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber bacaan peneliti, baik skripsi, jurnal, buku, teori-teori serta penelitian lainnya yang berkaitan dengan analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dari beberapa referensi jurnal yang berkaitan dengan permasalahan tersebut, berdasarkan hasil kajian pustaka yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih perlu ditingkatkan dan harus dilatih lebih lanjut.
Copyrights © 2020