Artikel ini hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi dimensi tiga yaitu kubus dan balok, materi ini merupakan salah satu materi pembelajaran matematika SMP yang terdapat di kompetensi dasar kelas VIII. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah a) menghubungkan benda nyata, gambar dan diagram ke dalam ide matematika; b) menjelaskan ide matematika secara lisan dengan gambar; c) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam simbol matematika Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Tahun pelajaran 2019/2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan di peroleh sebanyak 29 peserta didik dari kelas IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk tes uraian. Adapun hasil penelitian ini kemampuan komunikasi matematis peserta didik menunjukan masih tergolong sangat rendah. Kata kunci: Dimensi Tiga, Kemampuan Komunikasi Matematis
Copyrights © 2020