Prosiding Sesiomadika
Vol 2 No 1e (2020)

Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika

siti nurfadilah (program studi pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang)
dori lukman hakim (program studi pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Penulisan ini untuk mengkaji kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini diupayakan untuk memahami dan menganalisis masalah matematis secara mandiri. Kemandirian belajar siswa sebagai suatu kegiatan yang berasal dari kemampuan diri sendiri, belajar yang mandiri dan tidak tergantung terhadap orang lain serta bertanggungjawab agar tercapainya tujuan yang diinginkan, upaya untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika dalam pengajaran dikelas. Dalam artikel ini membahas tentang gambaran kemandirian belajar matematika siswa akan keinginan untuk belajar matematika untuk mengambil keputusan inisiatif dalam menyelesaikan persoalan matematis secara tanggung jawab mengerjakan permasalahan matematika, dan rasa percaya diri untuk mempresentasikan hasil pembelajaran dalam mengikuti pembelajaran matematika sehingga tercapai tujuannya pembelajaran matematika.Kata kunci: Kemandirian Belajar, Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sesiomadika

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang (SESIOMADIKA) merupakan event rutin tahunan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Pada tahun 2020 ini merupakan periode ke-4 dalam penyelenggaraan event tersebut. ...