Di era globalisasi dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi menempatkan internet sebagai media baru tempat perebutan wacana dan kontestasi ideologi. Di Indonesia, corak ideologi keagamaan yang tercermin dalam website-website keislaman populer terbagi menjadi tiga corak yaitu moderatisme, radikal, dan islamis. Banyaknya website keislaman populer tersebut tentu berbanding lurus dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia dan semangat keberagamaan masyarakat di internet yang semakin meningkat. Adapun, dua organisasi keagamaan moderat di Indonesia yaitu NU dan Muhammadiyah menjadi arus utama moderasi di Indonesia sekaligus representasi Islam washatiyah ditengah semakin maraknya idelogi-ideolgi ekstremis dan radikal. Sebagai representasi Islam wahsatiyah di Indonesia, NU dan Muhammadiyah menjadi agen utama penyebaran Islam washatiyah atau moderasi yang tidak hanya dalam lingkup praktisnya, namun juga pada lingkup online yang bergerial di internet melalui website-website keislaman populer.
Copyrights © 2022