Budaya merupakan sebuah pola tingkah laku yang dikembangkan oleh suatu organisasi yang dipelajari ketika mengalami masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal. Dalam proses berjalannya instansi pemerintahan diperlukan suatu komitmen dan budaya organisasi yang dapat memberikan dampak positif agar dapat meningkatkan kinerja pegawai. Kinerja pegawai merupakan prestasi individu anggota instansi yang perannya sangat berupengeruh dalam menentukan kinerja dari instansi pemerintahan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai tingkat keefektivan budaya dalam meningkatkan kinerja pegawai kantor desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Masalah Penelitian ini adalah budaya organisasi pada kantor desa sandingtaman, Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis adalah untuk mengukur sejauh mana budaya organisasi menjadi salah satu penyebab untuk meningkatkan proses kinerja pegawai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni dengan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan/dokumentasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa budaya organisasi memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan kinerja pegawai di Desa Sandingtaman dengan mengedepankan komunikasi efektif, hubungan kerja yang harmonis dapat meningkatkan proses kinerja pegawai Desa Sandingtaman.Kata Kunci: Budaya, Instansi Pemerintahan, Kinerja Pegawai
Copyrights © 2021