ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang dihadapi UMKM meubel di Kota Bengkulu, menentukan strategi pengembangan UMKM meubel di Kota Bengkulu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pelaku UMKM meubel di Kota Bengkulu pada tahun 2015 dengan menggunakan alat analisis SWOT.Hasil analisis dengan SWOT dapat disimpulkan bahwa faktor internal dalam strategi pengembangan yang digunakan oleh UMKM meubel di Kota Bengkulu adalah; 1) Faktor Kekuatan (produk bernilai ekonomis tinggi, kualitas produk, sistem kekeluargaan, menjalin kerjasama dengan pemerintah); 2) Faktor kelemahan (teknologi, ketersediaan SDM, kapasitas produksi, modal usaha, promosi produk), untuk faktor eksternal dalam strategi pengembangan yang digunakan oleh UMKM meubel di Kota Bengkulu adalah; 1) Faktor peluang (peningkatan income per kapita, dukungan pemerintah, jumlah penduduk, upah tenaga kerja, stabilitas politik); 2) Faktor ancaman (ketersediaan bahan baku, harga bahan baku, daya beli masyarakat, produk sejenis, tarif dasar listrik dan bahan bakar). Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi SO (Strenghts-Opportunies), yaitu; 1) Memperluas pangsa pasar; 2) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan; 3) Meningkatkan kualitas produk. KATA KUNCI: Strategi, Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman
Copyrights © 2020