Perdagangan atau jual beli merupakan salah satu kegiatan bisnis yang menyebabkan terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli mengenai suatu barang tertentu. Bentuk pemasarannya dapat mengupload foto produk mereka yang dapat membentuk komunikasi antara penjual dan pembeli dengan tetap memperhatikan etika bisnis, namun sayangnya beberapa konsumen merasa kecewa ketika produk yang dipesan nampak berbeda saat produk tersebut sudah berada ditangan konsumen, sehingga penerapan etika bisnis sangat penting dalam melakukan transaksi jual beli online salah satunya yang dilakukan di beberapa marketplace seperti Whatsapp. Islam sebagai agama yang sempurna mengajarkan bagaimana cara bertransaksi yang benar yang dikenal dengan etika bisnis Islam. Karena tidak dipungkiri banyak masyarakat yang notabene beragama islampun sering mengabaikan. Tujuan dari penelitian ini untuk memperbaiki penyimpangan-penyimpangan transaksi ekonomi di tengah-tengah masayarakat sesuai dengan etika ini. Salah satunya adalah prinsip ekonomi Imam al-Ghazali adalah adil dan ihsan dalam transaksi ekonomi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dimana data yang diperoleh dengan cara wawancara atau observasi. Penelitian ini menggunakan field research. Bedasarkan hasil penelitian observasi dan wawancara menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis dalam jual beli online di Whatsapp sudah sebagian yang memenuhi prinsip kejujuran, keadilan dan ihsan. Namun masih ada beberapa pelanggan atau penjual yang merasa kecewa ketika barang sampai dan tidak sesuai dengan gambar atau sedikit berbeda dengan aslinya.Implikasi dalam penelitian ini memberikan masukan dalam upaya meningkatkan penerapan dalam etika bosnis islam.
Copyrights © 2022