PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol 4 (2015): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2015

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DIPADU TEKNIK MENCATAT MIND MAP DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL

Achmad Jalil (Universitas Negeri Jakarta Jalan Pemuda no. 10 Rawamangun Jakarta Timur 13220)
I Made Astra (Universitas Negeri Jakarta Jalan Pemuda no. 10 Rawamangun Jakarta Timur 13220)
Iwan Sugihartono (Universitas Negeri Jakarta Jalan Pemuda no. 10 Rawamangun Jakarta Timur 13220)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar fisika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dipadu teknik mencatat mind map dan menggunakan model pembelajaran direct instruction pada materi dinamika partikel. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang termasuk eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 33 Jakarta bulan November 2014 - Januari 2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil belajar yang diuji adalah hasil belajar fisika antara lain yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dipadu teknik mencatat mind map dan menggunakan model pembelajaran direct instruction pada materi dinamika partikel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes kognitif. Teknik tes berupa pretest untuk mengetahui keadaan awal siswa dan posttest untuk mengetahui hasil belajar. Intrumen yang digunakan diuji validitas dengan uji validitas butir soal menggunakan korelasi point biserial dan diuji reabilitas dengan metode KR-20. Keadaan awal dianalisis normalitas sebaran data dengan uji normalitas menggunakan metode chi kuadrat dan uji homogenitas dengan uji F untuk mengetahui kesamaan keadaan awal siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dua pihak. Perhitungan data posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 55,38 dan 57,77. Hasil uji hipotesis diperoleh –thitung -ttabel = -0,738 -2,00 pada taraf signifikansi 5% yang berarti Ha ditolak dan H0 diterima, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan menggunakan model pembelajaran jigsaw dipadu teknik mencatat mind map dan menggunakan model pembelajaran direct instruction pada materi dinamika partikel Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran jigsaw, teknik mencatat mind map, model pembelajaran direct instruction, dinamika partikel.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...