PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol 4 (2015): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2015

DESAIN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN CALON GURU FISIKA DALAM MENULIS MATERI AJAR

Parlindungan Sinaga (Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Jl Dr Setiabudhi 229 Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Keterampilan menulis materi ajar merupakan salah satu keterampilan generik pedagogis. Keterampilan tersebut akan terus menerus digunakan oleh guru ketika membuat persiapan mengajar , membuat diktat, modul dan sebagainya. Masalah yang teridentifikasi pada studi lapangan ialah rendahnya kemampuan dan keterampilan guru dalam menulis materi ajar. Akar masalahnya terletak pada kesulitan mentranslasi planning (deskripsi atau outline suatu pokok bahasan) menjadi tulisan (teks). Permasalahan tersebut pada penelitian ini dicoba diatasi dengan cara mendesain model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis materi ajar. Model pembelajaran dikembangkan dengan memberikan scaffolding antara proses planning dengan proses mentranslasi ide/planning menjadi teks pada model umum proses menulis yang dikembangkan oleh Flower dan Hayes. Scaffolding yang dirancang pada penelitian ini terdiri dari: penentuan topik bahasan, peta konsep, jenis–jenis modus representasi, translasi antar modus representasi, multiple representasi dan multi modus representasi. Keefektifan model pembelajaran ditentukan dengan mengetahu persepsi dosen rekan sejawat dan persepsi mahasiswa peserta perkuliahan dan rata ratanya diinterpretasikan dengan menggunakan RISE Evaluation and Development System ,Evaluator and Teacher Handbook version 1.0 Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa desain model pembelajaran menulis materi ajar fisika yang dikembangkan ini berdasarkan persepsi dosen rekan sejawat dan mahasiswa efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis materi ajar bagi calon guru fisika. Keyword: desain model menulis, multiple representasi, multi modus representasi, scaffolding.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...