PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol 3 (2014): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2014

KAJIAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMP MENGGUNAKAN SNOSTER (SMALL NOTES STICKER) PEMBELAJARAN SAINS TERPADU SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Sifa Alfiyah (Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta)
Indra Permana (Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta)
Iwan Sugihartono (Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2014

Abstract

Kajian pengembangan media pembelajaran Fisika SMP menggunakan SNOSTER (Small Notes Sticker) pembelajaran sains terpadu sebagai sarana pendidikan karakter anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah dilakukan. Pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran diarahkan pada penguatan dan pengembangan perilaku siswa secara utuh. Salah satu cara pengintegrasian pendidikan karakter dalam proses pembelajaran yaitu melalui media pembelajaran. Diantara media tersebut yaitu berupa SNOSTER (Small Notes Sticker). SNOSTER merupakan media berupa stiker berisi catatan sederhana mengenai pengetahuan Sains khususnya Fisika yang berbasis pendidikan karakter. SNOSTER didesain khusus sehingga meningkatkan semangat belajar dan daya tarik anak-anak khususnya anak SMP terhadap Fisika. Dengan penyisipan nilai-nilai karakter dalam media SNOSTER ini diharapkan siswa mampu memperbaiki dan menumbuhkan kepribadian yang baik. Keyword: Pendidikan Karakter, Media Pembelajaran, SNOSTER (Small Notes Sticker), Fisika, Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...