PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol 3 (2014): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2014

PERBEDAAN EFEKTIVITAS PRAKTIKUM FISIKA SMA DENGAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS VIDEO DAN LKS DITINJAU DARI SIKAP SISWA

Shahnaz Nadia (Universitas Negeri Jakarta, Jl Pemuda10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220, Indonesia.)
Sunaryo Sunaryo (Universitas Negeri Jakarta, Jl Pemuda10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220, Indonesia.)
Bambang Heru Iswanto (Universitas Negeri Jakarta, Jl Pemuda10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi apakah terdapat perbedaan: (1) efektivitas praktikum fisika antara metode demonstrasi berbasis video dan LKS, (2) interaksi antara penggunaan video dan sikap siswa terhadap efektivitas praktikum fisika di sekolah, (3) efektivitas praktikum fisika antara siswa yang sikapnya positif dengan menggunakan video dan LKS, (4) efektivitas praktikum fisika antara siswa yang sikapnya negatif dengan menggunakan video dan LKS. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Labschool Rawamangun tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik purposive sampling dan penelitian dilakukan pada bulan April-Mei 2014. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif kuantitatif, ANOVA dua jalur dan dilanjutkan dengan Uji Tuckey untuk menguji hipotesis mengenai efek sederhana (simple effect). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut: pertama, terdapat perbedaan efektivitas praktikum fisika siswa antara siswa yang diberikan video dan LKS sebelum praktikum (Fhitung = 5,92 lebih besar dari Ftabel = 4,08). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara metode demonstrasi berbasis video dan sikap siswa terhadap efektivitas praktikum fisika (Fhitung = 4,53 lebih besar dari Ftabel = 4,08). Ketiga, efektivitas praktikum fisika siswa yang memiliki sikap positif dan diberikan video tidak memiliki perbedaan dari efektivitas praktikum fisika siswa yang memiliki sikap positif dan diberikan LKS sebelum praktikum fisika (Qhitung = 0,256 < Qtabel = 3,79). Keempat, efektivitas praktikum fisika siswa yang memiliki sikap negatif dan diberikan video sebelum praktikum lebih tinggi daripada efektivitas praktikum fisika siswa yang memiliki sikap negatif dan diberikan LKS sebelum praktikum fisika (Qhitung = 3,82 > Qtabel = 3,79). Kata kunci: metode demonstrasi, video, LKS, sikap siswa dan efektivitas praktikum fisika.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...