PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol 8 (2019): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2019

PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN POSTER TATASURYA

Dadan Sumardani (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, DKI Jakarta 13220)
Arum Wulandari (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, DKI Jakarta 13220)
Allika Nur Ramdina S (Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, DKI Jakarta 13220)
Shinta Doriza (Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, DKI Jakarta 13220)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Abstrak Media pembelajaran pada materi tatasurya di sekolah saat ini masih konvensional dan sulit dihadirkan dalam pembelajaran dikelas. Penelitian ini dilakukan untuk merancang poster tatasurya berbasis Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran siswa sekolah dasar. AR merupakan jenis teknologi interaktif yang menggabungkan benda nyata dan virtual untuk menghasilkan objek 3D yang nyata dalam kehidupan. Penelitian Research and Development ini dikembangkan dengan model DDD-E dan dihasilkan poster tatasurya yang dapat memunculkan objek planet secara lebih nyata dengan teknologi AR. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa poster pembelajaran tatasurya berbasis AR ini valid digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa Sekolah dasar. Kata-kata kunci: Augmented Reality, Poster, Tatasurya. Abstract Learning media in the solar system at present is still conventional and challenging to present in learning in class. This research was conducted to support posters of solar based Augmented Reality (AR) as learning media for elementary school students. AR is a type of interactive technology that collects real and virtual objects to produce real 3D objects in life. This Research and Development study was developed with the DDD-E model and created a solar poster that could bring more real planet objects with AR technology. The results of the study indicate that this AR-based learning architecture poster is valid to be used as a learning media for use in elementary school students. Keywords: Augmented Reality, Poster, Solar System.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...