Abstrak Pembelajaran fisika akan lebih bermakna jika mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang membuat peserta didik terlibat secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Hadirnya teknologi dalam media pembelajaran diharapkan dapat merealisasikan kondisi tersebut. Media pembelajaran yang dimaksud adalah E-Modul berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis android dengan pendekatan Problem Based Learning sebagai media pembelajaran fisika yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D), dengan langkah-langkah FODEM yang meliputi 3 tahapan, yaitu tahap analisis kebutuhan (Needs Analysis), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi formatif (Formative Evaluation). E-Modul ditulis dengan bahasa yang komunikatif, dilengkapi gambar, animasi, simulasi dan video. E-Modul ini berisikan kegiatan belajar yang sesuai dengan sintaks problem-based learning. Penilaian uji validasi yang digunakan berupa kuisioner skala likert dengan responden para ahli (media, materi dan pembelajaran) dan uji keterbacaan dengan responden para guru dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini berupa E-Modul berbasis android yang akan divalidasi dan diuji keterbacaan. Berdasarkan hasil kajian pendahuluan, E-Modul yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri peserta didik. Kata-kata kunci: E-Modul, Android, Pembelajaran Berbasis Masalah, FODEM. Abstract Physics learning will put more emphasis on learning that makes students involved in learning and creative learning processes. The presence of technology in learning media is expected to realize these conditions. The recommended learning media is an Android-based E-Module. This research aims to development of Android-based E-Module with Problem Based Learning approach as a fun and meaningful physics learning media for high school students. The method used in this research is the Research and Development method (R & D), with FODEM steps include 3 stages, there are the needs analysis stage (Needs Analysis), the implementation stage (Implementation), and formative evaluation stage (Formative Evaluation). E-Module are written in communicative language, equipped with images, animations, simulations and videos. his E-Module contains learning activities that are compatible with the syntax of problem-based learning. The validation test assessment used was a Likert scale questionnaire with expert respondents (media, material and learning) and a readability test with respondents of teachers and students. The results of this study were Android-based E-Modules that will be validated and legibility tested. Based on the results of the preliminary study, the E-Module that was developed was suitable for use as a medium for independent learning of students. Keywords: E-Module, Android, Problem Based Learning, FODEM.
Copyrights © 2020