PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol 9 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2020

PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM PEMBIASAN CAHAYA MENGGUNAKAN SENSOR PHOTODIODA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

Ade Nur Maemunah (Program Studi Pendidikan Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Siswoyo Siswoyo (Program Studi Pendidikan Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Firmanul Catur Wibowo (Program Studi Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat praktikum pembiasan cahaya untuk SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah pengembangan yaitu: 1) melakukan analisis kebutuhan tentang produk yang akan dikembangkan (Analyse); 2) merancang desain alat praktikum (Design); 3) mengembangan alat praktikum (Development); 4) melakukan uji validasi oleh ahli media dan materi (Implementation); dan 5) melakukan revisi produk akhir (Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat praktikum pembiasan cahaya yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pendukung pembelajaran karena dapat memvisualkan konsep pembiasan cahaya. Alat praktikum pembiasan cahaya yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan pengembangan alat praktikum pembiasan cahaya layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran fisika di SMA. Kata kunci: pembelajaran fisika, media pembelajaran, pembiasan cahaya, sensor photodioda. Abstract This research aims to Development of Physics Learning Media to Light Refracting Tools Using Photodiode Sensors. The method used in this research is Research and Development with ADDIE development model consisting of 5 development steps: (1) analyzing the needs of the product to be developed; (2) design the design of practicum tools; (3) developing practical tools; (4) Implementation conducting validation tests by media and material experts and (5) Evaluation revising the final product. The results showed that the light refracting practicum tool developed could be used as a learning support medium because it could visualize the concept of light refraction. The refracting light practicum developed can be used in physics learning. Based on the research conducted, it can be concluded that the development of light refracting practicum is suitable to be used as a supporting media for learning physics. Keyword: physics learning, learning media, light refracting, photodiode sensors.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...