Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika
Vol 3, No 2 (2020): April

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY PENJUALAN DAN PEMBELIAN PERANGKAT KOMPUTER BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT. STEFAN MANDIRI PERKASA)

Jumaryadi, Yuwan (Universitas Mercu Buana)
Ari Wibowo (Mercu Buana University)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2021

Abstract

Pada setiap industri atau perusahaan dikenal dengan istilah inventory atau persediaan, inventory sendiri biasanya merujuk pada penyimpanan barang pada gudang guna untuk mendukungnya keberlangsungan pada proses bisnis perusahaan. Keberadaan inventory pada perusahaan atau industri juga saling berkaitan dengan bagian penjualan serta pembelian. PT. Stefan Mandiri Perkasa adalah perusahaan yang berkegiatan dalam bidang penjualan perangkat komputer dan ecommerce masih menggunakan sistem manual sehingga pengelolaan data pada bagian gudang, penjualan dan pembelian dapat mengalami tidak akuratnya data yang disajikan dengan data yang ada. Pencatatan yang masih menggunakan kertas nota dapat beresiko hilangnya data ataupun terselip, penghitungan secara konvensional juga mengakibatkan selisih antara stok barang yang di hitung dengan stok barang yang tersedia. Oleh karena itu, sebuah sistem sangat diperlukan dengan menggunakan metode Unified Model Language (UML) dan PIECES untuk membantu PT. Stefan Mandiri Perkasa dalam menjalankan proses bisnisnya. Dengan adanya rancangan sistem ini, diharapkan kedepannya dapat membantu berlangsungnya proses bisnis perusahaan.Kata Kunci— Teknologi Informasi, Inventory, Penjualan, Pembelian

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jukomika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering

Description

Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika (JUKOMIKA) adalah jurnal ilmiah peer-review yang membahas mengenai desain dan implementasi algoritma dalam sebuah perangkat lunak. Selain itu, jurnal ini juga membahas mengenai perangkat lunak yang dikembangkan berbasis robotika, kecerdasan buatan, pengolahan ...