IRAMA JURNAL SENI DESAIN DAN PEMBELAJARANNYA
Vol 3, No 2 (2021): August

Perancangan Whatsapp Group Sebagai Ruang Parenting Dan Media Pelaporan Informal Presensi Mahasiswa Kepada Wali

(Scopus ID: 57224921090), Irwan Sarbeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Laporan presensi per-semester yang disampaikan mahasiswa kepada orang tua yang tidak sesuai dengan data autentik di sebuah Program Studi (Prodi) berpotensi menimbulkan konflik dan kesalah-pahaman orang tua kepada Prodi. Untuk mengantisipasinya perlu ada media yang praktis untuk menyampaikan laporan autentik presensi langsung dari Prodi dan menjadi ruang diskusi antara orang tua mahasiswa dengan prodi. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana merancang dan memanfaatkan group chat dalam aplikasi perpesanan Whatsapp sebagai media pelaporan informal presensi mahasiswa kepada orang tuanya, juga sebagai ruang diskusi dan parenting terkait partisipasi mahasiswa di setiap mata kuliah agar tercipta transparansi informasi antar kedua belah pihak. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif analitik dengan metode teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Diharapkan melalui penelitian ini dapat terancang Whatsapp group beserta aturan dasar pemanfaatannya sebagai media pelaporan presensi dan ruang parenting praktis antara staf dosen Prodi dengan orang tua mahasiswa – dalam rangka menciptakan transparansi informasi mengenai partisipasi perkuliahan para peserta didik dan terbangunnya komunikasi dan sinergi antara dosen dan wali dalam mendidik, membimbing, serta meminimalisir potensi permasalahan partisipasi perkuliahan mahasiswa berlandaskan laporan akademis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

irama

Publisher

Subject

Arts

Description

IRAMA Jurnal Seni Desain dan Pembelajarannya publishes papers regularly twice times a year issued by the Faculty of Art and Design Education Universitas Pendidkan Indonesia Bandung Indonesia IRAMA Jurnal Seni Desain dan Pembelajarannya provides open access to the public to read abstract and complete ...