Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING)
Vol 1, No 1 (2021)

Multimedia Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Kelas XII MA Menggunakan Adobe Flash CS3 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo)

Badriyah Rifani (Politeknik Harapan Bangsa Surakarta)
Ismail Setiawan (Politeknik Harapan Bangsa Surakarta)
Ari Pantjarani (Politeknik Harapan Bangsa Surakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

Proses belajar mengajar di MA Al-Falah Gedongan Baki Sukoharjo khususnya pada pembelajaran matematika masih menggunakan metode ceramah, metode yang masih digunakan guru dalam mengajar. Dalam metode ceramah guru yang aktif, sedangkan siswanya hannya berperan sebagai pendengar dengan cara mencatat rumus dan pokok-pokok penting yang dikemukakan oleh guru, hal ini membuat proses pembelajaran kurang efektif, membuat siswa pasif dan merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran lama ke media pembelajaran baru yang lebih moderen, yaitu menggunakan multimedia interaktif, yaitu menyediakan berbagai fasilitas pembelajaran dengan menyajikan materi yang dilengkapi dengan latihan soal serta tampilan yang dibuat dengan animasi agar lebih menarik sehingga penggunaannya lebih mudah, efisien, dan efektif serta berinteraktif dengan mengklik tombol-tombol yang sudah disediakan. Penulis menggunakan metode SDLC dalam mengembangkan media pembelajaran, metode tersebut meliputi perancangan: observasi, wawancara, studi pustaka. Bahasa pemograman yang penulis gunakan  adalah Adobe Flash CS3.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

imaging

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) is a scientific journal that contains and disseminates the results of research, in-depth study, and ideas or innovative work in Information Technology and Computer Science. The innovative work of the teachers and lecturers of the ...