Abstrak - Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Guru Paud yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kabupaten Bulukumba. Masalahnya adalah (1) Para guru PAUD umumnya memiliki keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan mengenai cara mengajarkan membaca pada anak-anak didik mereka di sekolah. Bahkan, hanya kurang dari sepuluh guru PAUD yang pernah mendengar mengenai Alat Permainan Edukatif Scrabble, tapi tidak ada yang pernah mempraktekkannya. 2) Para guru PAUD kurang memahami kelompok kata-kata yang dapat diajarkan kepada anak usia dini, sehingga mereka juga mengalami kesulitan dalam mengajarkan pada anak didik mereka. Umumnya, mereka kurang paham tentang media pembelajaran yang efektif pada anak usia dini. 3) Ketika kami mengenalkan tentang Alat Permainan Edukatif Scrabble dan menunjukkan Alat Permainan Edukatif Scrabble, para guru PAUD umumnya mengeluhkan tentang harganya yang relatif tinggi. Metode yang digunakan adalah: pelaksanaan kegiatan ini adalah pelatihan intensif dengan perpaduan teori dan praktek serta diskusi dan unjuk kerja hasil workshop di akhir pelatihan. Hasil yang dicapai adalah (1) Kemampuan para guru Taman Kanak-Kanak (TK) yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba setelah mengikuti pelatihan, mengalami peningkatan yang signifikan dalam membuat Alat Permainan Edukatif Scrabble. (2) Para guru berhasil membuat media pembelajaran secara berkelompok (2 Alat Permainan Edukatif Scrabble untuk 2 kelompok) sehingga dapat langsung digunakan di kelas ketika kegiatan belajar mengajar. (3) Para guru termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaran dan melakukan inovasi pembelajaran di kelas agar lebih menarik. Kata Kunci - scrabble, membaca, kosakata.
Copyrights © 2021