Abstrak. Pembelajaran matematika realistik dapat diartikan sebagai pembelajaran matematika yang dapat dibayangkan oleh siswa. Karena itu, pembelajaran matematika harus dimulai dengan masalah yang diambil dari dunia nyata supaya siswa dapat membayangkannya. Masalah yang dipilih harus disesuaikan dengan konteks kehidupan siswa. Artinya, masalah yang dipilih harus dikenal baik oleh siswa.Dengan cara seperti ini siswa dapat berinteraksi dengan sesamanya, bertukar informasi dan pengalaman, serta berlatih mengkomunikasikan hasil kerjanya kepada orang lain. Akhirnya, siswa dibimbing untuk menemukan aturan umum untuk menyelesaikan masalah sejenis. Di sinilah siswa dapat melihat hubungan matematika dengan kehidupan sehari-hari atau dengan pelajaran lain. Inilah yang membuat pembelajaran matematika lebih bermakna. Hal inilah yang mendorong penulis untuk ambil bagian dalam memantapkan pembelajaran matematika realistik kepada guru-guru UPTD SDN 46 Parepare.Setelah guru memahami cara-cara melakukan identifikasi masalah, menganalisis masalah dan menilai kelayakan serta merumuskan pembelajaran sebagaimana dibahas pada identifikasi masalah sebelumnya, maka diharapkan guru telah memiliki dasar pemahaman dan keterampilan yang lebih kokoh untuk menelaah secara mendalam materi yang disajikan pada bagian identifikasi masalah ini. Dalam penyuluhan ini akan diuraikan beberapa pendekatan pembelajaran realistik yang akan mempermudah proses pembelajaran dan bagaimana guru melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran realistik yang ditentukan.Metode yang digunakan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: Metode ceramah bervariasi, digunakan untuk menyampaikan materi tentang Pendekatan matematika realistik.Selain itu pemberian tugas digunakan untuk melatih membuat rancangan selama proses penyampaian materi dengan melihat siswa dalam proses pemelajaran. Kata kunci : Pembelajaran Matematika Realistik, Guru Sekolah Dasar
Copyrights © 2021