Penelitian ini tujuannya agar dapat mengetahui pengaruh variabel profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba yang terdaftarkan pada Bursa Efek Indonesia. Untuk penelitian ini, periode waktu yang ditetapkan ialah empat tahun. Penelitian ini mempergunakan jenis pendekatan kuantitatif. Untuk penelitian ini, populasi penelitiannya berjumlah 11 Perusahaan Sub Farmasi yang terdaftarkan dan masih terdaftarkan pada Bursa Efek Indonesia. Untuk penelitian ini, teknik dalam mengambil sampel penelitian ialah dengan mempergunakan metode purposive sampling dan didapatkan bahwasannya terdapat 11 perusahaan, dan sedangkan untuk teknik analisis data yang dipergunakan ialah berupa regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba ditunjukan dengan nilai signifikan ialah senilai 0,033. Untuk variabel ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap manajemen laba ditunjukan dengan nilai signifikan ialah senilai 0,487. Dan untuk variabel leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba ditunjukan dengan nilai signifikan ialah senilai 0,010. Secara simultan profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba ditunjukkan dengan nilai F signifikan ialah senilai 0,047. Kemampuan variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage dalam menjelaskan manajemen laba ialah senilai 12,9% sebagaimana ditunjukan dengan besarnya adjusted R squareialah senilai 0,129 sedangkan sisanya 87,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian.
Copyrights © 2022