Adanya kemajuan teknologi khususnya pada penggunaan internet, menjadikan berbelanja secara online semakin marak di Indonesia. Kebanyakan orang memilih berbelanja secara online dikarenakan pengaruh berbagai faktor yang ada. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analsis faktor-faktor dalam keputusan pembelianpada online shop Tokopedia, faktor-faktor tersebut yaitu faktor harga, faktor kepercayaan, faktor keamanan, dan faktor persepsi resiko. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Magelang yang berjumlah 121.610 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan kriteria responden yang telah melakukan transaksi pembelian di online shop Tokopedia, sehingga diperoleh sampel sebanyak 94 sampel. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan analisis deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner serta studi pustaka. Hasil penelitian menghasilkan yaitu faktor harga mendapatkan jumlah rata-rata indikator 97,2%, faktor kepercayaan dengan jumlah rata-rata indikator 92,63%, faktor keamanan dengan jumlah rata-rata indikator 89,83%, dan faktor persepsi resiko dengan jumlah rata-rata indikator 90,53% dapat menarik keputusan pembelian pada online shop Tokopedia. Keywords: Harga, Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Resiko, Keputusan Pembelian
Copyrights © 2022