Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran outdoor learning melalui wisata edutainment untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan bentuk one group pretest-posttest. Desain ini membutuhkan satu kelompok sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V sekolah dasar negeri 1 Bakipandeyan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket untuk mengukur nilai sikap peduli lingkungan. Instrumen disusun berdasarkan 3 aspek indikator sikap peduli lingkungan yaitu sikap terhadap sumber daya air, tanah, dan udara; sikap terhadap flora dan fauna; serta pengelolaan sampah. Peningkatan karakter peduli lingkungan dianalisis menggunakan uji gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran outdor learning yang diterapkan melalui wisata Edutainment berbasis potensi lokal dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa model pembelajaran outdoor learning dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan nilai gain 0,33 termasuk dalam kategori sedang. Rekomendasi penelitian ini yaitu guru dapat menerapkan model pembelajaran outdoor learning dengan memanfaatkan wisata berdasarkan potensi lokal yang ada sebagai sumber belajar.
Copyrights © 2022