DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 6, No 2 (2022): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Keefektifan Model Pembelajaran Outdoor Learning melalui Wisata Edutainment untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar

Sajidan Sajidan (Unknown)
Idam Ragil Widianto Atmojo (Universitas Sebelas Maret)
Dwi Yuniasih Saputri (Universitas Sebelas Maret)
Roy Ardiansyah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran outdoor learning melalui wisata edutainment untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan bentuk one group pretest-posttest. Desain ini membutuhkan satu kelompok sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V sekolah dasar negeri 1 Bakipandeyan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket untuk mengukur nilai sikap peduli lingkungan. Instrumen disusun berdasarkan 3 aspek indikator sikap peduli lingkungan yaitu sikap terhadap sumber daya air, tanah, dan udara; sikap terhadap flora dan fauna; serta pengelolaan sampah. Peningkatan karakter peduli lingkungan dianalisis menggunakan uji gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran outdor learning yang diterapkan melalui wisata Edutainment berbasis potensi lokal dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa model pembelajaran outdoor learning dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan nilai gain 0,33 termasuk dalam kategori sedang. Rekomendasi penelitian ini yaitu guru dapat menerapkan model pembelajaran outdoor learning dengan memanfaatkan wisata berdasarkan potensi lokal yang ada sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...