Jurnal Mahasiswa Bina Insani
Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2021)

Promosi Sekolah Masa Pandemi Melalui Media Sosial Dalam Penerimaan Siswa Pada SDIT Qurrota A’yun Cikarang Barat

Asti Handayani (Manajemen Administrasi Bisnis
Universitas Bina Insani)

Kristiana Widiawati (Manajemen Administrasi Bisnis
Universitas Bina Insani)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Abstrak: Kondisi yang sedang dihadapi dan menjadi dilema seluruh dunia yaitu hadirnya COVID 19. Sehingga hal ini membuat jumlah siswa yang masuk terus mengalami penurunan dari sebelum masa pandemi hingga periode tahun kedua masa pandemi. Hal ini sangat mempengaruhi pada promosi sekolah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh promosi sekolah di masa pandemi melalui media sosial. Adapun permasalahan yang dialami oleh SDIT Qurrota A’yun sebelum memilih digital marketing dalam proses promosi pernah melakukan promosi secara langsung dengan melaksanakan kegiatan seperti market-day,dan seminar lainya. Peneliitan dilakukan melalui wawancara dengan Kepala Sekolah dimana promosi masih kurang maksimal ditambah dengan kondisi pandemi saat ini. Solusi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ialah diperlukannya sebuah promosi sekolah melalui media sosial dengan memanfaatkan akun media sosial sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa promosi sekolah yang memanfaatkan peran media sosial dengan menggunakan akun sekolah dan diposting di aplikasi facebook dan instagram dengan menggunakan unsuran produk pamflet promosi. Kata kunci: Digital promosi, pamflet, media sosial. Abstract: The condition that is being faced and becomes a dilemma for the whole world is the presence of COVID 19. So this has made the number of incoming students continue to decline from before the pandemic to the second year period during the pandemic. This greatly affects the promotion of the school. The purpose of this study was to determine the effect of school promotion during the pandemic through social media. The problems experienced by SDIT Qurrota A'yun before choosing digital marketing in the promotion process had carried out direct promotions by carrying out activities such as market-days, and other seminars. The research was conducted through interviews with school principals where promotions were still not optimal, coupled with the current pandemic conditions. The solution used to solve this problem is the need for a school promotion through social media by utilizing the school's social media account. In this study using qualitative methods with data collection techniques in the form of interviews and observations. The results of the study stated that school promotions that utilize the role of social media by using school accounts and posted on Facebook and Instagram applications use elements of promotional pamphlet products. Keywords: Digital promotion, pamphlet, social media.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMBI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Mahasiswa Bina Insani merupakan jurnal interdisiplin yang melingkupi aspek-aspek tentang Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Operasional, Manajemen Keuangan, Ekonomi Makro dan Mikro, Kesekretarisan, Komunikasi, Humas, Bahasa Indonesia, Bahasa Asing, dan Administrasi Kantor. Jurnal ...