Indonesian Journal of Instruction
Vol. 2 No. 2 (2021): May 2021

Effect Size Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD

Nugraheni, Ni Komang Putri Widuri (Unknown)
Dibia, I Ketut (Unknown)
Margunayasa, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2021

Abstract

Penelitian eksperimen mengenai pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis sudah banyak dilakukan, namun belum dilakukan kajian lebih lanjut dari hasil-hasil penelitian tersebut untuk dirangkum dan diuji kembali, sehingga dapat menguatkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis effect size penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan teknik analisis data yang digunakan adalah meta-analisis. Subjek penelitian ini adalah tiga buah jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2015-2020, Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Instrument penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Berdasarkan hasil analisis pengaruh secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata besar pengaruh sebesar 1,79 yang berarti dalam kategori efek besar. Temuan hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari segi wilayah dan variabel terikat. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD. Hasil dari penelitian ini akan menjadi bahan referensi baik bagi guru maupun peneliti lain yang akan melakukan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SD. Penelitian ini bisa dijadikan dasar bagi guru dalam menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, khususnya dalam penyampaian materi pelajaran dengan tepat. Model pembelajaran inkuiri terbimbing, dapat berdampak pada pemahaman siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran karena siswa lebih mudah dalam memahami materi, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...