PROSISKO : Jurnal Pengembangan Riset dan observasi Rekayasa Sistem Komputer
Vol. 2 No. 2 (2015)

VISUALISASI MASJID AGUNG RANGKASBITUNG BERBASIS 3D DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE SKETCHUP & AFTER EFFECT

Wahyudin Wahyudin (Unknown)
Subandi Wahyudi (Unknown)
M. Isnaeni Agus Robbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2015

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang animasi 3 dimensi (3D) saat ini berkembang sangat pesat. Namun demikian, animasi 3D yang dibuat di Indonesia terkesan masih kaku dan gerakan objek (misalnya erakan manusia) belum menyerupai gerakan yang sesungguhnya. Untuk mengatasi masalah diatas, perkiraan pose odel 3D bisa menjadi salah satu jalan keluarnya. Dengan adanya perkiraan pose dari model 3D nantinya gerakan dari model 3D bisa dibuat dalam waktu yang lebih singkat. Dalam penelitian ini, didesain dan diimplementasikan perkiraan pose dari model manusia 3 dimensi (3D). Model yang digunakan adalah model manusia silinder. gerakan dari model manusia dibagi menjadi beberapa gambar yang berurutan. Dari urutan gambar tersebut dicari letak keypoint. Keypoint yang sama dari gambar sebelumnya dicari padanannya pada gambar berikutnya. Pada penelitian ini, didapat rata-rata jumlah keypoint yang berubah lokasi mencapai 92,19 % dari jumlah keypoint pada setiap gambar acuan. Perubahan lokasi keypoint ini digunakan untuk menentukan pergerakan model, sehingga pose dari model manusia 3D dapat diprediksi.

Copyrights © 2015