Kegiatan usaha merupakan suatu aktivitas yang di lakukan dengan tujuan untuk mencari sebuah keuntungan, upah atau laba usaha. PT. Motoparts adalah perusahaan retail yang bergerak di bidang otomotif, terutama dalam bidang penjualan ban sepeda motor dan dalam perkembangannya, PT. Motoparts memfokuskan bisnisnya dalam empat komponen utama, yaitu Ban, Aki, Oli, dan Kanvas Rem Sepeda Motor. Banyaknya persaingan membuat PT. Motoparts harus bisa membuat strategi yang mampu untuk bertahan. Untuk itu di lakukan analisis menggunakan metode SWOT. Metode SWOT adalah suatu analisa dengan mempertimbangkan faktor internal berupa kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) dan juga faktor eksternal yaitu peluang(opportunities) dan ancaman(threat). Metode penelitian di lakukan dengan dengan wawancara, kuisoner dan observasi. Hasil data yang telah terkumpul pada PT. Motoparts kemudian di lakukan perhitungan dan menghasilkan bahwa letak koordinat posisi PT. Motoparts berada di kuadran II dengan skor total kekuatan 0,68 dan skor total kelemahan 0.09 sedangkan untuk faktor ekstrenal skor total peluang 1.43 dan total skor ancaman 1.47, kemudian dihasilkan nilai koordinat internal 0.29 dan kordinat ekternal -0.02. yang artinya perusahaan dalam kondisi stabil namun menghadapi sejumlah tantangan sehingga organisasi akan mengalami kesulitan apabila tidah mengubah beberapa kebijakan atau strategi sebelumnya
Copyrights © 2020