PROSISKO : Jurnal Pengembangan Riset dan observasi Rekayasa Sistem Komputer
Vol. 7 No. 1 (2020)

Analisis Strategi PemasaranSparepart Kendaraan Menggunakan Metode SWOT( Pada Studi Kasus PT. Motoparts)

Eva Zuraidah (STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2020

Abstract

Kegiatan usaha merupakan suatu aktivitas yang di lakukan dengan tujuan untuk mencari sebuah keuntungan, upah atau laba usaha. PT.  Motoparts   adalah perusahaan retail yang bergerak di bidang otomotif, terutama dalam bidang penjualan ban sepeda motor dan dalam perkembangannya, PT.  Motoparts   memfokuskan bisnisnya dalam empat komponen utama, yaitu Ban, Aki, Oli, dan Kanvas Rem Sepeda Motor. Banyaknya persaingan membuat PT. Motoparts  harus bisa membuat strategi yang mampu untuk bertahan. Untuk itu di lakukan analisis menggunakan metode SWOT. Metode SWOT adalah suatu analisa dengan mempertimbangkan faktor internal  berupa kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) dan juga faktor eksternal yaitu peluang(opportunities) dan ancaman(threat). Metode penelitian di lakukan dengan dengan wawancara, kuisoner dan observasi. Hasil data yang telah terkumpul pada PT. Motoparts  kemudian di lakukan perhitungan dan menghasilkan bahwa letak koordinat posisi PT.  Motoparts  berada di kuadran II dengan skor total  kekuatan 0,68 dan skor total kelemahan 0.09 sedangkan untuk faktor ekstrenal skor total peluang 1.43 dan total skor ancaman 1.47, kemudian dihasilkan nilai koordinat internal 0.29 dan kordinat ekternal -0.02. yang artinya perusahaan dalam kondisi stabil namun menghadapi sejumlah tantangan sehingga organisasi akan mengalami kesulitan apabila tidah mengubah beberapa kebijakan atau strategi sebelumnya

Copyrights © 2020