Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4, No 2 (2018)

INDONESIAN LANGUAGE LEARNING PLANNING FOR FOREIGNERS (BIPA) FOR BEGINNERS LEVEL (PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) UNTUK TINGKAT PEMULA)




Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

Kegiatan berbahasa mencakup kegiatan yang produktif dan reseptif di dalam Keterampilan berbahasa yang mencakup aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Empat keterampilan berbahasa ini merupakan keterampilan yang mutlak dikuasai oleh pembelajar ketika belajar bahasa. Karena empat keterampilan berbahasa ini sudah diajarkan berlahan pada saat mulai sekolah dasar sampai di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran BIPA tingkat pemula. Melihat bahan ajar yang digunakan, stragi pembelajaran yang dipilih dan ragam media pembelajaran yang digunakan oleh mahasiswa dalam menerapkan perencanaan pembelajaran BIPA untuk tingkat pemula atau dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,  dengan  menggunakan metode triangulasi, yaitu membandingkan dan atau mencocokkan data yang diperoleh dari dokumen bahan ajar, observasi, dan penerapan materi BIPA oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di STKIP PGRI Sumatera Barat yang sedang mengambil mata kuliah pilihan BIPA. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi pengajar dan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah pilihan praktik BIPA. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-gramatika

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2442-8485) & (2460-6316), well-known as GRAMATIKA, is an international forum for original research focused on identities as local contexts, like an identity in linguistics, identity in literature, and identity in language ...