Moda transportasi massal yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah kereta api. Untuk menggunakan transportasi ini, penumpang diharuskan untuk membeli tiket dengan cara pesan. Pemesanan dan pembelian tiket yang dilakukan selama ini untuk kereta api jarak dekat masih menggunakan penjualan langsung yang dilayani pada loket yang disediakan disetiap stasiun. Penelitian ini bertujuan untuk dan merancang suatu aplikasi yang dapat menyajikan informasi sekaligus pemesanan tiket kereta api melalui perangkat android. Aplikasi yang dirancang nantinya akan memberikan gambaran tentang sistem yang akan digunakan oleh pelanggan serta kemudahan customer service dalam melayani permintaan tiket pelanggan.  Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang dibutuhkan berupa jadwal keberangkatan kereta serta tiket yang diberlakukan saat ini untuk membuat suatu perancangan aplikasi yang dapat digunakan dalam merancang aplikasi tersebut. Data yang diperoleh untuk selanjutnya diolah sehingga dapat diperoleh suatu perancangan yang dapat dijadikan gambaran saat aplikasi tersebut akan diimplementasikan. Rencana pembuatan aplikasi ini merupakan pengembangan dari cara lama dalam pemesanan dan pembelian tiket secara manual yaitu dengan melakukan pembelian tiket pada loket kereta api yang tersedia pada stasiun. Perancangan aplikasi menggunakan metode prototyping. Dalam penelitian ini, rancangan aplikasi yang akan dibuat tentunya dapat menampilkan jumlah deposito saldo yang tersedia, stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan. Pelanggan dapat langsung memperoleh tiket pada perangkat android yang digunakan. Kata Kunci: Tiket, smart, informasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016