Seiring dengan perkembangann Ipteks, rumah sakit perlu meningkatkan pelayanan kesehatan secara berkualitas sehingga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Pelayanan yang cepat dan nyaman sangat dibutuhkan agar pasien merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan. Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta telah memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dalam mengelola data pelayanan kesehatan, namun masih terjadi beberapa permasalahan terhadap kecepatan pelayanan. Salah satu bagian yang mengalami permasalahan tersebut adalah Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ). Pemasalahan pada bagian ini adalah antrian pendaftaran pasien rawat jalan yang lama dan panjang serta pasien belum mendapatkan kepastian informasi jadwal dokter sebelum pasien datang ke rumah sakit. Berdasarkan permaslahan tersebut, perlu dikembangkan sistem informasi pendaftaran pasien rawat jalan melalui Short Message Service (SMS) sesuai format yang ditentukan yang dapat direspon secara otomatis oleh layanan informasi rumah sakit yang ada dan dapat dilakukan kapan saja dan darimana saja tanpa harus mengantri di TPPRJ. Sistem Informasi Layanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Melalui SMS di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dikembangkan dengan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic dan basis data mySQL. Sistem ini dapat mempermudah pasien lama untuk mendaftar dari mana saja dan kapan saja serta dapat mengurangi antrian di TPPRJ.
Copyrights © 2012