Kebijakan belajar dari rumah sangat berdampak pada proses pembelajaran di jenjang pendidikan anak usia dini. Sebab anak-anak usia dini belum bisa mengakses pembelajaran dengan baik, meski dengan dukungan teknologi digital. Apalagi, tak semua anak mampu membekali dirinya dengan perangkat digital untuk mendukung pembalajaran di rumah. Oleh karena itu, para guru dituntut untuk terus berkreasi dalam menyesuaikan proses pembelajaran yang efektif di masa pandemi Covid-19 ini. Sungguh mulia dan layak mendapat apresiasi kepada para guru dan pengelola PAUD yang terus berupaya melakukan yang terbaik untuk memastikan anak-anak kita meraih yang terbaik untuk masa depannya. Tugas dan tanggung jawab tersebut memang tidak ringan karena harus terus berkreasi dan berinovasi untuk mendukung anak didik yang cerdas, terampil dan mandiri. Butuh kreativitas, inovasi dan kebesaran jiwa sehingga anak-anak didiknya bisa mendapatkan pengetahuan yang maksimal di masa keemasannya atau golden age. Berdasarkan uraian di atas, menunjukkan bahwa sangat penting untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru mengimplementasikan kurikulum 2013 PAUD selama pandemi Covid 19. Kreativitas guru dilakukan melalui penerapan inovasi model-model pembelajaran yang dilaksanakan pada pembelajaran dalam jaringan. Praktik penerapan kreativitas dalam pembelajaran oleh guru sejalan dengan pemahaman kepala TK bahwa melaksanakan pembelajaran dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai bahan ajar, dan kompeten dalam mengelola pembelajaran secara kondusif dan menyenangkan
Copyrights © 2022