Jurnal Dialog
Vol 1 No 1 (2015): Vol. 1, No. 1, Juni 2015

KOMUNIKASI KELUARGA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KELUARGA DENGAN ANAK TUNAGRAHITA YANG BERSEKOLAH DI SLB AR-RAHMAN)

Epi Elina Putri Umbara (Universitas Langlang Buana)
Tita Melia Milyane (Universitas Langlang Buana)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini menggunakan Teori Bahasa Ferdinand de Saussure, Teori Tanda Nonverbal Jude Burgoon dan Kontruksi Sosial Emosi Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian kontruktivisme, dan pendekatan penelitian studi deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah para keluarga yang ditentukan secara purposive berdasarkan pertimbangan peneliti dengan tujuan tertentu. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literature lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi keluarga anak berkebutuhan khusus lebih kepada komunikasi verbal dan nonverbal. Pola komunikasi yang di bangun berdasarkan emosi anak lebih kepada persuasif. Karena membujuk anak agar mau belajar di rumah mereka lebih sering menunggu kemauan dari anak bukan di paksa untuk belajar. Anak tunagrahita ketika berada di lingkungan keluarga, mereka mampu di kendalikan perilakuanya oleh orang tua, tidak ada kasus anak marah -marah. Selain itu motivasi, mengarahkan anak bukan hanya harus berbaur dengan saudara-saudaranya tetapi anak tersebut harus mampu berbaur dengan teman sebayanya.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

dialog

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Dialog, Univeristas Langlang Buana, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Langlang Buana. Terbit Bulan Juni dan Bulan ...