Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan komunikasi pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kepuasan pasien. Studi wawancara mendalam di Rumah Sakit Khusus Ibu Dan Anak Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme, dan pendekatan penelitian studi wawancara mendalam. Subyek penelitiannya adalah orang yang pernah mendapatkan pelayanan kesehatan yang ditentukan secara purposif berdasarkan permasalahan dari hasil pelayanan yang telah dirasakan. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literature lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya keramahan dari petugas rumah sakit kepada pasien. Petugas rumah sakit yang bersikap ramah adalah petugas yang usianya lebih muda. Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan adalah dengan cara meningkatkan komunikasi pelayanan. komunikasi tersebut dapat ditunjukan dengan beberapa cara yaitu memberikan ungkapan berupa salam dan sapa kepada setiap pasien, menunjukan senyum setiap berhubungan dengan pasien, bersikap ramah kepada setiap pasien, kejelasan dalam menyampaikan informasi, mendengarkan setiap keluhan dari pasien, ketelitian dalam memeriksa pasien, kesungguhan dalam mengobati pasien dan memberikan motivasi untuk sehat kepada pasein.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018