Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
Vol 3, No 1 (2020)

STRATEGI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS DALAM MENGHADAPI PERDAGANGAN BEBAS MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Imam Malik (Universitas Islam Kebangsaan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Seiring dengan perkembangan bisnis, persaingan pun berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Persaingan pada saat ini tidak hanya dari pasar lokal melainkan sudah mencakup pasar global seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN yang berlaku sejak 31 Desember 2015 yang lalu. Setiap pelaku usaha dituntut agar dapat menghadapi derasnya persaingan itu dan terus meningkatkan produksinya dan tentunya berkelanjutan. UD. Kreasi Lutvi merupakan salah satu ukm yang sudah Go-Eksport sejak tahun 2010 dengan mengirim hasil olah ubi menjadi keripik kedua negara yaitu Korea dan Malysia. Namun kegiatan bisnis tersebut tidak luput dari persaingan antar produk sejenis maupun non-sejenis. Untuk menghadapi dan memenangkan persaingan maka diperlukan strategi perencanaan dan pengembangan bisnis yang tepat dalam memulai dan mengembangkan sebuah usaha.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi perencanaan dan pengembangan bisnis yang diterapkan oleh UD. Kreasi lutvi dalam menghadapi derasnya persaingan MEA. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan proses pengumpulan data dari observasi dan wawancara dengan informan. Informan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang yang terdiri dari 1 informan kunci dan 4 informan utama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT (matrik SWOT, diagram SWOT). Dengan analisis SWOT kita dapat menemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari bisnis yang dijalankan. Hasil penelitian ini dari proses analisis yang dilakukan dari segi perencanaan bisnis UD. Kreasi Lutvi menerapkan perencanaan yang sederhana, akan tetapi dapat membentuk pondasi yang kuat dalam perjalanan usahanya. Adapun komponen-komponen perencanaan bisnis yaitu: Produk,harga,promosi, lokasi, bahan baku,pesaing, peran pemerintah. Dari segi pengembangan bisnis hasil analisis SWOT menyimpulkan dengan skor faktor internal 2,79 dan faktor eksternal 2,88 mempetakan diagram SWOT diposisi kuadran 1 dengan menerapkan strategi agresif dengan memanfaatkan peluang yang ada

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

na

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis publishedby Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe Aceh Indonesia. This journal is based on the peer-review process and is published twice a year. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis receives research articles and ...