Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah
Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional USM

PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

Erdi Surya (Universitas Serambi Mekkah)
Anita Noviyanti (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem based learning pada materi ekosistem di SMA Negeri 11 Banda Aceh.Penelitian ini telah dilaksanakan bulan April – Agustus 2017, lokasi penelitian pada sekolah SMANegeri 11 Banda Aceh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode eksprerimen(exprerimental research) dengan desain penelitian, Pretest-Postest. Sebagai populasi ditetapkanseluruh siswa kelas X. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XiA1 sebagaikelas eksperimen dan siswa kelas XiA2 sebagai kelas kontrol yang di pilih berdasarkan randomsampling. Kelas eksperimen diajarkan dengan mengggunakan model pembelajaran ProblemBased Learning (PBL), sedangkan Kelas kontrol diajarkan dengan model konvensional. Keduakelas ini di berikan materi dan butir soal yang sama Instrument dalam penelitian ini adalah soaltes sebanyak 25butir soal, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Lembar Kerja Siswa(LKS) hasil belajar Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pada tarafsignifikan 0,05 diperoleh harga t-hitung sebesar 2,54 sedangkan nilai t-tabel 1,68 sehingga t-hitung tt-tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan problem based learning dapatmeningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini akan memberikan manfaat langsung kepada guruBiologi akan dapat mengetahui konsep ekosistem melalui strategi pembelajaran Problem BasedLearning (PBL)

Copyrights © 2017