Penerapan Assignment Methods atau metode resinase dan efektifitas terhadap motifasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tingkat SMP, yang tujuannya untuk meningkatkan prestasi siswa. Pada umumnya siswa masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran sehingga motivasi belajar menjadi rendah . Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar santri di pengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru. Salah satu metode yang dapat memotivasi agar adanya peningkatan belajar yaitu dengan assesemen methode atau metode resitasi. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui motivasi belajar sebelum dan sesudah penerapan metode pemberian tugas pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (2) Untuk mengetahui apakah dengan tersebut efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Pre- Experimental design, pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP yg ada di Kecamatan Juli ,sedangkan teknik sampel dalam penelitian ini adalah Sampling jenuh. Sampel yaitu santri kelas 1 SMP 1 Juli. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi lapangan, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian mengunakan analisis deskriptif dan analisis statistik untuk menguji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil penilitian ini adalah motivasi belajar santri dan efektifitas terhadap keberhasilan sebelum penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-rata 76,3. Sedangkan untuk motivasi belajar setelah penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-ratanya 86.Melalui uji hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 < 0,005 dengan rata-rata yaitu 0,4638 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil ini dapat diketahui bahwa metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 46,3% sedangkan sisanya sebesar 53,7% dipengaruhi faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi belajar karena pengaruh tersebut sebesar 86%. Maka diduga ada sebesar 14% faktor lain yang berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal tersebut diduga adalah lingkungan.(2) Penerapan metode pemberian tugas efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dipesantren modern di tingkat kelas 1 SMP dengan kategori sedang. (3) Selain penerapan metode pemberian tugas terdapat faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar santri yaitu keluarga, peran guru , adanya cita-cita dan lingkungan teman.
Copyrights © 2022