THE RELATIONSHIP OF GADGET USE WITH CHARACTER DEVELOPMENT IN LATE CHILDHOOD CHILDREN: LITERATURE REVIEW Rita Dwi Pratiwi1*, Susi Dewi Asih Kusumawati1, Maelia Unayah1,Utari Kusumawati2, Riris Andriati11Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia2Mahasiswa Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia *korespondensi author: ritadwipratiwi@wdh.ac.id ABSTRACTExcessive use of gadgets in children can affect the stages of development, including character development. In fact, childhood, such as late childhood (age 6-12 years) is a time when children should be able to develop their positive emotional character with adaptive and supportive environmental and social influences. The purpose of this study was to investigate the relationship between gadget use and character development in late childhood children based on various previous studies. This research uses a literature study method. After identifying ten articles that met the criteria, it was found that there was a relationship between the use of gadgets and the character development of late childhood children. Of the ten articles, four articles were identified that showed a relationship between the use of gadgets and the character development of late childhood children. It is hoped that pediatric nurses can explore more about parenting patterns when finding character development problems in late childhood children.Keywords: Character Development, Gadget, Late Childhood HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN KARAKTER PADA ANAKLATE CHILDHOOD: STUDI LITERATUR ABSTRAKPenggunaan gadget secara berlebihan pada anak dapat memengaruhi tahapan perkembangan, termasuk perkembangan karakternya. Padahal, pada masa anak, seperti tahap late childhood (usia 6-12 tahun) merupakan masa dimana anak seharusnya mampu mengembangkan karakter emosi positifnya dengan pengaruh lingkungan dan sosial yang adaptif serta suportif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan karakter pada anak late childhood berdasarkan berbagai riset sebelumnya. Penelitian ini menggunakkan metode studi literatur. Setelah mengidentifikasi sepuluh artikel yang sesuai dengan kriteria, ditemukan bahwa adanya hubungan pengunaan gadget dengan perkembangan karakter anak late childhood. Dari sepuluh artikel teridentifikasi empat artikel yang menunjukkan adanya hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan karakter anak late childhood. Diharapkan perawat anak dapat mengeksplorasi lebih lanjut tentang pola asuh orang tua ketika menemukan masalah perkembangan karakter pada anak late childhood. Kata Kunci: Gadget, Late Childhood, Perkembangan Karakter
Copyrights © 2022