JURNAL KIMIA SAINTEK DAN PENDIDIKAN
Vol 1 No 1 (2017): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2017

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PENGAJARAN TERMOKIMIA

Erdiana Gultom (Universitas Sari Mutiara Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar inovatif dan interaktif yang terintegrasi dengan pendekatan ilmiah dan melibatkan teknologi informasi berbasis web. Jenis penelitian ini, termasuk penelitian dan pengembangan (penelitian dan pengembangan). Subyek adalah materi pengajaran termokimia. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 20 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis kimia bahan ajar umum adalah bahan ajar cukup valid, namun perlu dikembangkan dari berbagai aspek. Bahan ajar yang telah dikembangkan divalidasi oleh expert validator. Penilaian dilakukan berdasarkan kuesioner standar BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Berdasarkan data penelitian yang diperoleh rata-rata 23 responden berpendapat bahwa terdiri dari 3 dosen dan 20 siswa pada kualitas bahan ajar yang dikembangkan 3.49 yang menjadi kriteria penggunaan sarana pengajaran yang sangat valid sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Elaborasi rata-rata keseluruhan responden terhadap kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah rata-rata hasil penilaian dosen Kimia Umum sebesar 3,66 dan hasil penilaian rata-rata siswa Pendidikan kimia yaitu sebesar 3,31.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

KIMIA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Materials Science & Nanotechnology

Description

Focus on results study and literature review in the scope of chemistry education and chemistry sciences in the world. Scope: Chemistry Education Analytical chemistry, including new techniques and instrumentation Biochemistry and medicinal chemistry Inorganic chemistry, including main group, ...