Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar inovatif dan interaktif yang terintegrasi dengan pendekatan ilmiah dan melibatkan teknologi informasi berbasis web. Jenis penelitian ini, termasuk penelitian dan pengembangan (penelitian dan pengembangan). Subyek adalah materi pengajaran termokimia. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 20 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis kimia bahan ajar umum adalah bahan ajar cukup valid, namun perlu dikembangkan dari berbagai aspek. Bahan ajar yang telah dikembangkan divalidasi oleh expert validator. Penilaian dilakukan berdasarkan kuesioner standar BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Berdasarkan data penelitian yang diperoleh rata-rata 23 responden berpendapat bahwa terdiri dari 3 dosen dan 20 siswa pada kualitas bahan ajar yang dikembangkan 3.49 yang menjadi kriteria penggunaan sarana pengajaran yang sangat valid sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Elaborasi rata-rata keseluruhan responden terhadap kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah rata-rata hasil penilaian dosen Kimia Umum sebesar 3,66 dan hasil penilaian rata-rata siswa Pendidikan kimia yaitu sebesar 3,31.
Copyrights © 2017