Tanfidziya: Journal of Arabic Education
Vol. 1 No. 02 (2022)

AL-QUR’AN SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL

Muhammad Syaiful (Universitas Nahdhatul Ulama Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2022

Abstract

Pentingnya Pendidikan Islam Multikultural di Indonesia menjadi suatu keniscayaan mengingat Indonesia merupakan Negara multi etnis, suku, ras, budaya dan Agama. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengungkap bagaimana al-Qur’an memandang Pendidikan Islam Multikultural dalam kontek yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research, dengan teknik pengumpulan data melalui data-data pustaka berupa teks yang terdapat di buku, artikel, makalah dan sumber-sumber tertulis lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Allah SWT secara sengaja menjadikan umat manusia denganberagam suku, ras, bahasa, budaya, agama dan keunikan-keunikan lain dengan tujuan untuk untuk menumbuhkan sikap toleransi satu dengan yang lain. Pendidikan Islam Multikultural dalam praktek yang lebih luas harus di arahkan kepada penerimaan terhadap perbedaan-perbedaan tersebut sehingga akan mengahasilkan peserta didik yang terbuka terhadap segala bentuk prbedaan sebagai suatu hukum alam dan sunnatulah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanfidziya

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Tanfidziya: Journal of Arabic Education published three a year since 2021 (November, March and July), is a multilingual (indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education and Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, ...