Tanfidziya: Journal of Arabic Education
Vol. 1 No. 03 (2022)

PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CONNECTED PROJECT MODEL ROBIN FOGARTY

Muhammad Syaiful Hidayat (Institut Agama Islam MIftahul Ulum Pamekasan)
Maltuful Anam (Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penilaian merupakan suatu yang wajib dilaksanakan dalam proses pendidikan. Dengan semakin berkembang dan berubahnya zaman maka perlu melihat prespektif baru dalam penilaian pembelajaran dengan penilaian berbasis connected project yang memadukan beberapa pelajaran sekaligus dalam satu konsep penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan library research. Penelitian ini dianalisis dengan metode analisis deskriptif, yaitu dengan cara mengumpulkan data, menyusun kemudian mengklarifikasi data dan informasi yang peneliti peroleh dan menginterpretasikannya dalam bentuk narasi yang bersifat deskriptif. Kajian ini merumuskan bahwa penilaian berbasis connected project penting dilaksanakan. Penilaian ini dilaksanakan dengan memadukan kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang sekolah menengah pertama. Penilaian ini dilakukan dengan menghubungkan kompetensi dasar yang dapat dihubungkan dari masing-masing mata pelajaran yang diajarkan. Sedangkan rapor dalam penilaian berbasis connected project ini dapat memadukan angka dan kalimat deskriptif untuk menggambarkan kemampuan peserta didik secara menyeluruh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanfidziya

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Tanfidziya: Journal of Arabic Education published three a year since 2021 (November, March and July), is a multilingual (indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education and Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, ...