Pengelasan merupakan metode penyambungan antar plat logam yang paling banyak digunakan di industri manufaktur kereta api. Metode pengelasan serta kualifikasi hasil lasan dapat dipastikan dengan menggunakan dokumen WPS. Hal ini menjadikan WPS sebagai komponen yang sangat penting di industri ini. Penelitian dilakukan untuk mengetahui baja S355 J2 dapat menahan tegangan dari beban sebelum mengalami deformasi dengan prosedur las yang sudah ditentukan sehingga bisa menjadi dasar WPS baja S355 J2. Uji tarik dilakukan pada baja S355 J2 yang sudah dilas. Hasil yang diperoleh sesuai atau di atas standar, sehingga dapat di catat dalam PQR dan dokumen WPS bisa disahkan yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam pengelasan material S355 J2 sebagai pelat dinding gerbong kereta api. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, jenis pengelasan yang sesuai dengan material, penggunaan jenis elektroda, pembuatan desain joint, serta parameter las yang tepat. Kata Kunci: baja; pengelasan; prosedur; uji tarik; wps
Copyrights © 2022