Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pelayanan publik melalui sistem pelayanan administrasi kependudukan (Sakdino). Pemerintahan Kelurahan Dinoyo memiliki tanggungjawab dalam memperbaiki pelayanan administrasi kependudukan melalui program aplikasi Sakdino, namun dalam implementasinya program aplikasi Sakdino masih mengalami permasalahan meliputi tingkat sosialisasi, lemahnya sumber daya manusia (SDM) tentang pengetahuan teknologi, dan kebutuhan pelayanan administrasi yang belum terpenuhi di program aplikasi Sakdino. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kepada Lurah Kelurahan Dinoyo, Sekretaris Kelurahan, Petugas operator aplikasi sakdino, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Pengadministrasian Umum seksi PK 2 Umum, Petugas Dispendukcapil, Ketua RT Dan RW, dan Penduduk Kelurahan Dinoyo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatana, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles , Huberman dan Sadana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan administrasi melalui aplikasi Sakdino masih belum dapat dikatakan baik, dikarenakan adanya beberapa faktor penghambat yaitu tingkat sosialisasi yang masih kurang, SDM yang masih rendah dan adapun faktor pendukung yaitu dukungan dari Dispendukcapil dan programmer. Adapun saran peneliti yakni pihak Pemerintah Kelurahan Dinoyo untuk memperbaiki pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi Sakdino dan mempertegas hukum tentang aplikasi Sakdino.Kata Kunci: Implementasi Pelayanan, Sakdino
Copyrights © 2019