Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya Kebijakan Pemerintah Tentang Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang. Kebijakan ini dilakukan oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang yang mana memiliki kebijakan tentang pelayanan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pelayanan pembelajaran, faktor pendukung dan penghambatnya, dan upaya untuk meningkatkan manajemen pelayanan pembelajaran Fakultas Ilmu Administrasi pada masa pandemi covid-19. Untuk mengetahuinya digunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan Fakultas Ilmu Administrasi dalam pelayanan pembelajaran pada masa pandemi berjalan sesuai aturan dari pemerintah dan rektor yaitu dengan sistem daring. Faktor pendukung: pemotongan SPP, subsidi wisuda fakultas, link pembuatan surat permohonan secara online. Faktor penghambat: kendala jaringan internet, keterbatasan teknologi dari mahasiswa dan tidak bisa tatap muka. Upaya meningkatkan manajemen pelayanan pembelajaran, seperti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, KKN yang berkaitan dengan covid-19, link daring unisma.ac.id, dan pembuatan stampel basah berbasis online. Kesimpulannya bahwa Kebijakan Manajemen Pelayanan Pembelajaran Fakultas Ilmu Administasi UNISMA telah menjalankan dengan baik dan meminimalisir tidak efektifnya sistem pelayanan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Kata kunci: kebijakan publik, manajemen pelayanan publik, pembelajaran masa pandemi covid-19
Copyrights © 2022