Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Vol 1 No 1 (2020): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education

Pola Interaksi Siswa MAN I Metro dalam Menyikapi Berbagai Perbedaan Ekonomi, Budaya dan Organisasi Islam

Arista Wati (Unknown)
Novita Dewi Lestari (Unknown)
Pratyana Fiqri (Unknown)
Atik Purwasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola perilaku siswa MAN I Metro dalam menyikapi berbagai perbedaan ekonomi, budaya dan organisasi islam. Subjek penelitian ini adalah siswa MAN I Metro. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan Guru Sosiologi dan beberapa siswa dari MAN I Metro serta studi pustaka yaitu mencari di buku dan internet sebagai sumber pendukung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang diutarakan narasumber yaitu Guru Sosiologi dan siswi MAN I Metro bahwa siswa MAN I Metro menjunjung toleransi yang berlandaskan pada landasan agama Islam yaitu Al-qur’an dan Hadist dengan diwujudkan melalui pola perilaku yang tidak membeda-bedakan manusia baik secara ekonomi, budaya maupun organisasi islam karena manusia yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah SWT hanyalah orang yang bertakwa. Kata Kunci: Pola Interaksi, Perbedaan Ekonomi, Budaya, dan Organisasi islam

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

social-pedagogy

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Scope Artikel yang akan dipublikasikan merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang di lakukan oleh dosen, guru, dan mahasiswa dalam bidang: Studi Sosial/ Pendidikan IPS Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kajian Pendidikan Sejarah Kajian Pendidikan Ekonomi Kajian Pendidikan Geografi Kajian ...