Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pembekalan tentang AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Nasional dan AKM Kelas kepada guru SD Gugus Sindoro Blora. Pembekalan dilakukan melalui Workshop Penyusunan Try Out AKM dengan pola 32 jam dalam empat kali pertemuan (daring dan luring). Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pre-test dan post-test, ceramah, diskusi, pendampingan pelatihan membuat soal AKM Literasi dan Numerasi Kelas (Level-1 sampai Level-3), penugasan, dan praktik menyusun soal berdasarkan Desain Pengembangan Soal AKM. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman peserta workshop tentang pengetahuan Asesmen Nasional dan Asesmen Kompetensi Minimum sebesar 37,22. Kedua, kegiatan workshop melalui dua moda, yaitu moda daring dan moda luring berlangsung dengan pola 32 JP. Peserta workshop menunjukkan sikap dengan kategori baik melalui kreatif, kooperatif, dan kemandirian. Kegiatan daring (skor rataan sikap 3,17) dan luring (skor rataan sikap 3,37). Peserta menghasilkan produk berupa instrumen AKM Kelas Literasi Membaca dan Literasi Numerasi yang dapat dikembangkan oleh peserta sebagai materi untuk melakukan try out AKM Kelas di gugusnya. Ketiga, peserta memiliki respons positif (skor rataan sebesar 3,48) terhadap aspek materi, penyajian, bahasa, dan evaluasi yang disajikan dalam workshop.
Copyrights © 2021