Kurikula Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 1 (2020): Kurikula: Jural Pendidikan Vol 5 No 1 Tahun 2020

“Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh (Daring) di Era pandemic covid-19”

imam wahyudi (Institut Agama Islam Ngawi)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2020

Abstract

Pembelajaran jarak jauh sudah ada sejak tahun 1891 dimana pelopor pembelajaran jarak jauh yaitu university of wisconsin di Amerika serikat, pada saat itu pembelajaran jarak jauh di lakukan karena mahasiswa akan datang ke kampus terhalang oleh berbagai alasan seperti jarak, waktu, dan kesibukan, sekarang ini pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran Daring dilakukan karena adanya pademi covid-19 yang belum musnah dari muka bumi ini, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman dan  tujuan dari penelitian ini untuk mengetaui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring yang ada pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Ngawi, sampel dalam penelitian ini bejumlah 60 mahasiswa dimana 46 mahasiwa perempuan dan 14 mahasiwa  laki-laki. Hasil dari penelitan ini pembelajaran daring menggunakan WhatApps dan Google Meet bisa sebagai alternatif sistem pembelajaran di era pandemi covid-19, mahasiswa merasa tertarik dalam proses perkulian sehingga proses perkulian bisa seperti yang di harapkan oleh dosen pengampu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kurikula

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kurikula : Jurnal Pendidikan (ISSN : 2548-6063 - E-ISSN : 2746-4903) is a peer-reviewed journal on education in the Muslim world. This journal is published by the Faculty of Tarbiyah, Institut Agama Islam Ngawi. Editors welcome scholars, researchers, and practitioners of education around the world ...